4 Tantangan Wujudkan Cita-Cita 100 Tahun Indonesia Merdeka

Ada empat tantangan fundamental wujudkan Indonesia menjdi negara maju. (Foto ilustrasi Ubaidillah/SWA)

Indonesia pada 2045 tepat 100 tahun atau satu abad menjadi negara merdeka. Pada tahun tersebut, Indonesia memiliki cita-cita menjadi negara maju melalui visi Indonesia Emas. Namun ada empat tantangan fundamental yang harus dihadapi dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Empat tantangan ini diungkapkan Menteri keuangan Sri Mulyani dalam acara bersama KADIN Rabu (23/11/2023) malam di Jakarta. Menurut Menkeu, tantangan fundamental ini lazim dihadapi oleh negara yang ingin menjadi negara maju.

Tantangan pertama berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Karena, kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, SDM sangat berkaitan sangat erat dengan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi yang sehat.

“Hal yang lebih menantang kalau bicara tentang Indonesia 2045 adalah the fundamental problem atau sering disebut structural problem. Suatu negara tidak bisa meneruskan journey to become high income country atau achieving this golden era apabila rakyatnya tidak memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik,” ujarnya.

Oleh karenanya, guna membangun kualitas SDM bermutu, Menkeu menjelaskan bahwa APBN secara mandatory membelanjakan 20% alokasi untuk sektor pendidikan. Selain itu, APBN juga memperhatikan salah satu unsur penting dalam peningkatan SDM yaitu kesehatan masyarakat. 

Tantangan kedua menuju Indonesia Emas 2045 menurut Sri Mulyani adalah kualitas infrastruktur. menkeu beranggapan, status negara maju hanya bisa diraih apabila suatu negara memiliki kualitas infrastruktur yang baik. “Again, di dalam konteks struktural ini, APBN memiliki peranan yang luar biasa penting,” ucapnya.

Tantangan ketiga yang dipaparkan Menkeu sebagai prasyarat untuk menjadi negara maju adalah transformasi perekonomian. Menurutnya, ekonomi yang terlalu didominasi oleh sektor primer berupa bahan mentah tidak akan mampu untuk tumbuh.

“Dan oleh karena itu keinginan untuk menciptakan hilirisasi di dalam rangka value added creation adalah is a must. Indonesia juga blessed dengan natural resources yang kebetulan sangat strategis di dalam supply change di dalam era digitalisasi,” ungkap Menkeu.

Baca Juga  4 Cara Membuat Kipas Angin Terasa Lebih Dingin

Tantangan keempat adalah kualitas institusi termasuk regulasi birokrasi menjadi salah satu aspek paling penting dalam membangun dan mencapai Indonesia Emas 2045. “Di dalamnya termasuk regulasi birokrasi. Ini mungkin is the most complex one,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *