Ini Roadmap Apindo yang Disampaikan ke Capres

Menuju transisi kepemimpinan baru 2024, Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo menjalankan peran advokasi atas sejumlah kebijakan strategis yang dituangkan dalam Roadmap Perekonomian Apindo 2024-2029. Roadmap untuk mengawal kebijakan dan program kerja dalam kepemimpinan nasional yang baru ini disampaikan kepada seluruh kandidat Calon Presiden (Capres) kontestan Pemilu 2024 pada acara Dialog Bersama Capres di Jakarta, Senin (11/12/2023).

“Penyusunan Roadmap Perekonomian Apindo kali ini dilakukan pada titik perubahan penting bagi Indonesia menjelang transisi kepemimpinan dengan mengidentifikasi kendala, menyampaikan rekomendasi perubahan kebijakan, kelembagaan dan tata kelola untuk 5 tahun ke depan,” ujar Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani.

Ia menyebut bahwa Apindo telah secara konsisten menyusun Roadmap Perekonomian sejak tahun 2004, sebagai kontribusi dunia usaha bagi kepemimpinan nasional. Peta jalan juga dimaksudkan untuk mengawal transformasi ekonomi yang fundamental bagi Indonesia dalam mengatasi berbagai kendala pertumbuhan ekonomi, khususnya di tengah situasi global yang menantang. Antara lain dengan menitikberatkan pada investasi yang dapat meningkatkan produktivitas, daya saing, dan diversifikasi sumber pertumbuhan.

Shinta menambahkan, Indonesia masih menghadapi tantangan ekonomi makro dan krisis multidimensi, di mana kinerja perekonomian Indonesia cukup baik namun belum memadai untuk menunjang iklim bisnis yang inklusif serta berkelanjutan. Hal ini menyebabkan transformasi ekonomi menuju visi Indonesia Emas 2045 masih menghadapi sejumlah kendala untuk akselerasi pencapaian target.

Adanya roadmap ini diharapkan menjadi guideline bagi pemerintahan baru dalam agenda transformasi perekonomian, penciptaan sense keberlanjutan, serta reformasi struktural secara sektoral dan lintas sektoral. Sekaligus sebagai respon dunia usaha terhadap dinamika dan tren ekonomi serta bisnis global.

Sementara itu, Ketua Dewan Pakar Apindo Mari Elka Pangestu, sebagai koordinator penyusunan Roadmap Perekonomian Apindo menerangkan prioritas kebijakan dalam peta jalan tersebut. Ada lima Prioritas Kebijakan Roadmap Apindo dalam membangun perekonomian Indonesia 5 tahun mendatang.

Baca Juga  Sands Bosum Business Buka Sekolah Bisnis di Indonesia

Pertama, perbaikan kepastian hukum dan kebijakan serta kelembagaan, dan koordinasi dalam implementasi kebijakan. Kedua, kebijakan terkait peran teknologi dan SDM untuk mendukung produktivitas yang diperlukan untuk transformasi ekonomi.

Ketiga, kebijakan industri, perdagangan, investasi dan persaingan yang sehat (level playing field). Keempat, adopsi konsep berkelanjutan yang mengharuskan perusahaan memenuhi standar ESG (Environment, Social and Governance) untuk mengembangkan industri hijau. Kelima, perbaikan infrastruktur terkait transportasi, konektivitas dan logistik; transisi sektor energi, dan prasarana digital yang efisien dan efektif.

Roadmap Perekonomian Apindo ini disusun dengan pendekatan pada isu-isu ekonomi yang berdampak luas baik, bersifat lintas sektor maupun yang spesifik untuk sektor tertentu. Isi-isu lintas sektoral mencakup bidang: Makroekonomi, Perbankan dan Keuangan, Perpajakan, Pembangunan Berkelanjutan, Ketenagakerjaan, Perdagangan Internasional & Investasi, Ekonomi Digital, Usaha Mikro Kecil Menengah.

Sementara isu isu sektoral berfokus pada sektor: Infrastruktur, Transportasi & Perhubungan, Properti & Kawasan Ekonomi, Manufaktur, Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan, Peternakan dan Perikanan, Pariwisata, Energi dan Sumber Daya Mineral.

Roadmap Perekonomian disusun berdasarkan masukan dunia usaha. Antara lain lewat survei dunia usaha dilakukan sepanjang Juli-Agustus 2023 di seluruh Indonesia, untuk semua skala usaha, dari anggota Apindo dan non-Apindo, dengan melibatkan hampir 2000 responden. Roadmap juga merangkum hasil FGD dan matriks kebijakan untuk 7 agenda lintas sektor dan kebijakan sektor serta merangkum masukan dari Dewan Pakar APINDO, sejumlah narasumber dan mitra kerjasama seperti Bank Dunia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *