IOH Tingkatkan Kapasitas Jaringan Hingga 33%  Selama  Libur Nataru

Base Transceiver Station Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH)  menegaskan komitmennya hadir di tengah masyarakat Indonesia pada masa perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Melalui konektivitas dan layanan digital kelas dunia, Indosat menghadirkan kehangatan dan kenyamanan dengan semangat pemberdayaan untuk Indonesia.

“Tujuan utama kami adalah menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami berusaha untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan lingkungan tersebut. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, kami mewujudkan komitmen ini melalui penyediaan konektivitas terbaik agar masyarakat dapat melewati momen Natal dan Tahun Baru bersama orang terkasih dengan nyaman. Selain itu, kami juga berbagi kehangatan dengan anak-anak di Panti Asuhan dengan harapan dapat menambah kegembiraan mereka dalam merayakan Natal dan Tahun Baru,” ungkap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. 

Demi menjaga konektivitas selama periode Natal dan Tahun Baru, Indosat telah mengoptimalkan jaringannya di 434 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas jaringan di 527 titik. Dengan penambahan ini, Indosat kini menyediakan kapasitas sekitar 33% lebih besar daripada rata-rata trafik data harian. Peningkatan kapasitas ini menjadi langkah antisipatif menghadapi perkiraan lonjakan trafik data sekitar 11,5% dibandingkan rata-rata harian. Peningkatan ini diperkirakan dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

Indosat juga telah melakukan uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan menjadi jalur perjalanan populer masyarakat selama liburan Natal dan Tahun Baru, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan. Hasil pengujian ini memastikan bahwa jaringan Indosat optimal dari segi kecepatan.

Baca Juga  Bizhare Raih Pendanaan Lanjutan Dipimpin Kejora Capital dan SBI Holdings

Selain itu, Indosat juga telah mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation Center (ISOC). Command Center ini didukung oleh Network Operation Center berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan. Command Center secara proaktif memonitor area publik yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik, seperti bandara, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, tempat ibadah, lokasi wisata, dan pusat perbelanjaan. Kota-kota yang menjadi tujuan liburan Natal dan Tahun Baru, seperti Bogor, Tegal, Kuningan, Lamongan, Nusa Tenggara Barat, Binjai, Banjarbaru, dan Gorontalo, diprediksi akan mengalami lonjakan trafik data tertinggi di Indonesia.

Mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital pada sejumlah titik di Bali pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Indosat juga menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan di 17 point of interest (POI). Sejumlah POI tersebut merupakan titik-titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Nataru, diantaranya Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Pantai Kuta (Beachwalk), area Canggu & Ubud, Lapangan Puputan, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bai, Pura Uluwatu, Pantai Sanur, hingga terminal Mengwi dan Ubung.

Secara khusus, penguatan jaringan dilakukan dengan menambahkan kapasitas pada 266 BTS yang tersedia dan menyiagakan deployment 2 unit mobile based transmission station (MBTS) yakni di Pantai Pandawa serta Pantai Legian.

“Kami terus berfokus melakukan peningkatan kapasitas jaringan khususnya dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru ini. Kami berkomitmen memberikan layanan kelas dunia bagi pelanggan, sehingga mereka bisa berlibur dengan bahagia dan nyaman. Di wilayah Bali, kami memperkirakan kenaikan trafik terutama terjadi di daerah Singaraja, Tabanan, dan Negara dengan prediksi penggunaan aplikasi terbesar disumbangkan oleh WhatsApp, Facebook, dan Youtube,” ujar SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang. 

Baca Juga  Upaya Hammer Menjaga Loyalitas Konsumen

Selain penguatan jaringan, IOH menurut Steve  juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Surabaya sebagai penopang monitoring wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/MLdan otomasi. Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru. Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *