5 Hewan dengan Daya Ingat Kuat, Ada Gajah dan Lumba-lumba

TEMPO.CO, Jakarta – Sama seperti manusia, hewan juga memiliki beragam tingkat daya ingat. Beberapa hewan memiliki kemampuan daya ingat yang sangat kuat dan mengesankan, sehingga memungkinkan hewan-hewan tersebut untuk belajar, beradaptasi, dan bertahan dalam lingkungan yang berubah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima hewan dengan daya ingat kuat.

1. Gajah

Gajah dikenal sebagai salah satu hewan dengan daya ingat paling kuat dalam dunia hewan. Gajah dapat mengingat rute air minum yang digunakan bertahun-tahun lamanya dan juga mengenali individu lain, baik gajah maupun manusia, setelah sekali pertemuan. Kemampauan daya ingat yang tinggi itu dilatarbelakangi karena gajah memiliki otak yang besar.

Dikutip dari Animalists, otak yang besar memiliki kapasitas yang besar pula untuk berpikir, memecahkan masalah, dan mengingat banyak hal. Karena gajah berumur panjang, ingatan hewan tersebut yang baik membantunya bertahan hidup di alam liar.

2. Lumba-lumba

Lumba-lumba memiliki otak yang sangat berkembang dan kompleks. Hewan ini tak hanya mampu mengingat perairan yang berbeda, namun juga mampu mengenali suara individu lain.

Dilansir dari Wildlife Informer, para ilmuwan telah menemukan hewan ini dapat mengidentifikasi suara lumba-lumba yang dikenal, bahkan ketika tak bertemu satu sama lain setelah 20 tahun. 

Hal itu karena lumba-lumba mengandalkan kerja sama dalam kelompok untuk bertahan hidup, mengingat lumba-lumba yang bersahabat dan dan yang tidak. Ini dapat membantu ikan tersebut bertahan hidup lebih baik di alam liar. Lumba-lumba bahkan dapat mengingat permainan dan trik yang diajarkan oleh pelatihnya selama bertahun-tahun.

3. Kucing

Iklan

Kucing memiliki kemampuan daya ingat jangka panjang yang mengesankan, terutama terkait dengan pengalaman emosional. Kucing dapat mengingat tempat-tempat yang memberikannya perasaan aman atau tidak aman. Kucing juga dapat mengingat rutinitas harian dan makanan favorit mereka.

Baca Juga  SilverQueen Ajak Anak Muda Aktif Lestarikan Warisan Budaya

4. Gagak

Gagak sering dianggap sebagai salah satu burung paling pintar. Hewan ini memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang rumit dan dapat mengingat wajah manusia. Penelitian juga menunjukkan bahwa gagak dapat menggunakan alat untuk mencapai tujuannya.

5. Anjing

Anjing memiliki daya ingat sosial yang kuat terhadap manusia dan anggota lain dalam kelompoknya. Hewan ini dapat mengingat perintah, tanda-tanda perilaku, dan emosi manusia. Anjing juga dapat mengingat tempat-tempat yang sering dikunjungi.

Dikutip dari Animalhow, keterampilan ingatan yang baik membuat anjing menjadi salah satu makhluk paling cerdas di kerajaan hewan. Keberagaman daya ingat ini memberikan pandangan baru tentang kemampuan kognitif hewan.

Sifat-sifat ini juga membantu hewan-hewan ini bertahan dalam lingkungan yang berubah-ubah, beradaptasi dengan perubahan, dan berinteraksi dengan sesama serta lingkungan mereka dengan cara yang menarik dan kompleks.

Pilihan Editor: 6 Jenis Makanan Ini Dapat Meningkatkan Daya Ingat



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *