Cek Fakta: Striker Muda Brasil Artur Victor Tak Sabar Ingin Bela Timnas Indonesia

LINIMASA – Ada banyak siasat dan cara membuat hingga menyebarkan disinformasi di media sosial. Salah satunya seperti dimuat oleh kanal YouTube ARP yang mengunggah video seolah pemain asal Brasil, Artur Victor tak sabar ingin bela Timnas Indonesia.

Kanal YouTube ARF memberikan informasi seolah Artur Victor tak sabar ingin membela Timnas Indonesia dan ingin bermain di posisi favoritnya. 

Kabar tersebut disebar melalui sebuah unggahan video yang tayang di YouTube pada Rabu (2/8/2023). 

“TAK SABAR BELA TIMNAS INDONESIA! ARTUR VICTOR INGIN BERMAIN DI POSISI FAVORIT!” judul unggahan video tersebut.

Baca Juga:Cek Fakta: Luna Maya dan Maxime Bouttier Foto Prewedding di Bali, Syahrini Sebut Murahan

Dilihat dari judulnya tentu bagi sebagian pembaca atau penikmat video YouTube bisa saja terkecoh dan menganggap informasi yang disajikan kanal YouTube ARP benar-benar valid.

Namun, mari kita cek fakta kebenaran unggahan video yang sudah ditonton sebanyak 16 ribu kali penayangan itu. 

Penjelasan

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan informasi kredibel ataupun bukti akurat yang menyatakan bahwa Artur Victor tak sabar ingin membela Timnas Indonesia. Bagaimana cara mengetahui kabar tersebut merupakan disinformasi?

Semula tim cek fakta memutar seluruh video berdurasi 2 menit 30 detik itu. Narator dalam video menarasikan seolah Artur Victor ingin segera berseragam Timnas dan menyatakan posisi favoritnya. 

Baca Juga:Cek Fakta: Syahnaz Doakan Lady Nayoan Meninggal usai Kecelakaan dengan Rendy Kjaernett

Misal pada detik ke-45, narator membacakan kutipan langsung dengan klaim bahwa pemain berusia 25 tahun tersebut mengatakan sebuah kehormatan bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia. 

“Saya ingin bermain untyk timnas indonesia karena itu akan jadi penghormatan terbesar untuk saya. Jika bisa saya ingin bermain sebagai striker,” ucap narator yang seolah menirukan perkataan Artur Victor. 

Baca Juga  Relawan Prabowo Subianto Sebut Guntur Romli Hanya Cari Alasan Karena Ingin Nyaleg dari PDIP

Kemudian narator menyebutkan lagi seolah kutipan langsung Artur Victor pada menit 1:43 berbunyi “Saya sangat bangga dan bahagia jika bisa menjadi warga negara indonesia kakek saya akan melihat dari atas sana dia akan melihat ke bawah sekarang dan bangga kepada saya.”

Tim cek fakta melakukan penelusuran dengan cara copy paste dua kutipan di atas ke mesin pencarian Google dengan hasil teratas menampilkan berita Serambinews.com yang menayangkan artikel berjudul “Shayne Pattynama Sah Jadi WNI, Ingin Bawa Timnas Indonesia Jadi Tim Terbaik di Asia,” pada 25 Januari 2023. 

Rupanya, kutipan langsung di atas yang disampaikan narator seolah ucapan Artur Victor merupakan hasil editan dari kutipan langsung Shayne Pattynama saat dirinya sah menjadi WNI. 

Pembuat video hanya mengubah keterangan kutipan langsung Shayne menjadi Artur Victor. 

Kemudian untuk kutipan kedua, dicek menggunakan metode yang sama, dan hasil pencarian mesin Google menampikan artikel yang dimuat Suaramerdeka.com berjudul “Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama: Saya Sangat Bangga dan Bahagia.” Artikel itu dimuat pada Rabu, 25 Januari 2023. 

Pembuat video memelintir ucapan Shayne Pattynama dan diganti seolah menjadi ucapan langsung Artur Victor. Faktanya, pengakuan kebanggaan bisa membela Timnas Indonesia diutarakan oleh Shyane Pattynama dan bukanlah Artur Victor.  

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menarasikan striker asal Brasil Artur Victor tak sabar bela Timnas Indonesia merupakan informasi menyesatkan alias hoaks. 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *